Wednesday, August 17, 2022

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan kesehatankeselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.

Atas inisiatif Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STTC bekerja sama dengan Badan nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Tenaga Teknik Indonesia (LSPTTI) diadakannya kegiatan Pelatihan dan juga Sertifikasi K3 Umum, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut sejak tanggal 24 Juni 2022 s/d 26 Juni 2022 dan diikuti oleh 120 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia terdiri dari mahasiswa dan profesional teknik konstruksi.

Pada hari pertama Jum’at, 24/05/2022 dilakukan acara Pelatihan dan Pembekalan untuk K3 Umum dengan Narasumber Agung Wahyudi Biantoro.,S.T.,M.T.,M.M dan dalam pemaparan materi beliau menyampaikan “K3 dalam kerja konstruksi mempunyai dasar hokum, yakni UU No.1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenaga Kerjaan, kemudian ada pula PP No. 50 tahun 2012 tentang Penerapan system Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta Permenaker No. 38 tahun 2019 mengenai Jabatan Kerja Personil Keselamatan dan Kesehatan Kerja.” Selain itu beliau juga mengatakan jika K3 bertujuan untuk menciptakan kondisi lingkungan kerja yang aman, sehat dan bebas dari pencemaran lingkungan dengan memelihara kesehatan dan keselataman, serta keamanan tenaga kerja di dalam lingkup perusahaan.

Ketua LPPM STTC, Dr. Adam Safitri.,S.T.,M.T mengatakan “Pelatihan dan Pembekalan Operator K3 Umum merupakan persiapan bagi para asesi dibidang K3 dalam sertifikasi dibidang K3 oleh BNSP” dan dalam pembekalan ini ada 7 materi yang akan diujikan yakni, Strategi pengendalian resiko, Komunikasi K3, Pelaksanaan izin kerja, Pengukuran factor bahaya, APD, Pelayanan kesehata, serta manajemen resiko K3.

Untuk hari kedua dan ketiga adalah proses dilakukannya uji untuk mendapatkan Sertifikasi, dan tepat pada hari kedua Sabtu,25/05/2022 dihadiri oleh  ketua dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kunjung Masehat.,S.H.,M.H . Beliau menjelaskan jika uji kompetensi merupakan program pemerintah, dengan tujuan memberikan pengakuan terhadap kompetensi dan profesi para pekerja. Dan Ketua dari STTC mengatakan jika STTC sudah dua kali dipercaya menjadi TUK oleh BNSP, serta uji kompetensi bukan hanya kepentingan pengakuan negara terhadap kompentensi tenaga kerja. Lebih dari itu, diharapkan mampu mendongkrak skill dan produktivitas kerja para asesi.

Dan pada hari  Minggu 26/05/2022  menjadi hari terakhir untuk proses ujian sertfikasi, dan semua berjalan dengan lancar.

Adapun dokumentasi yang dilakukan dalam kegiatan Pelatihan dan Pembekalan K3 Umum serta Proses Sertifikasi K3 Umum adalah sebagai berikut :